Selamat dateng e blog-ga Oreng Madura "Blog-M" [Learn, Share, and Serve for Madura]

Rabu, 28 April 2010

Tari Cangkelek Tembus Jawa Timur

SAMPANG - Satu lagi prestasi karya seni tari yang diraih civitas SMAN 2 Sampang. Setelah tenar dengan tarian Bako Mas yang sempat mengharumkan Sampang di 2009 dan sering tampil di even - even penting, SMAN 2 Sampang kini melahirkan tarian baru, Tari Cangkelek.

Tarian ini mendulang prestasi gemilang di Fesival Karya Tari Dan Lagu Pop Daerah Tingkat Jawa Timur. Dalam even yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur tersebut, Sanggar Citra yang berada di bawah naungan SMAN 2 Sampang meraih tiga penghargaan sekaligus. Uakni dinobatkan sebagai Penyaji Unggulan kategori Karya Tari, Kategori Lagu Pop Daerah dan Kategori Yel - Yel Lagu Pop Daerah.

"Bukan hanya itu mas, kami juga dipercaya tampil dalam acara penutup," ujar Bambang Hariyanto, pelatih Sanggar Citra dengan nada bangga.

Ditanya mengenai nama Cangkelek, Bambang mengatakan bahwa nama tersebut diambil dari nama cawan jamu untuk dihidangkan ke tamu. "Cangkelek itu bahasa Madura yang berarti cawan. Itu yang menginspirasi saya untuk menciptakan tarian ini," tambahnya.

Kepala SMAN 2 Sampang A.G. Atuf mengaku ikut bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. "Yang jelas kami bangga bisa mengangkat nama Sampang di tingkat provinsi. Tapi ada satu kekurangannya. Kami masih belum punya fasilitas lengkap," ungkapnya.

Menurut dia, pelatih tari hanya menggunakan peralatan musik yang bukan milik SMAN 2 Sampang. Sebagian alat musik dipinjam ke Dewan Kesenian (DK) Sampang. Koran ini sempat diajak ke gudang penyimpanan peralatan musik milik SMAN 2 Sampang. "Alat - alat ini semuanya buatan sendiri. Yang penting bunyinya sesuai dengan yang diinginkan. Untuk perangkat gamelan karawitan, kita terpaksa pinjam ke DK," ujar Ipung - sapaan A.G. Atuf.

Dia mengharap dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah untuk ikut memperhatikan Sanggar Citra binaannya. "Harapan kami kepada pemerintah hanya satu, yaitu dukungannya terkait peralatan musik yang kami perlukan. Itu agar prestasi ini dapat kita tingkatkan. Kita tidak akan bisa maju kalau pemerintah tidak mendukung," ujarnya. (fei/lah/ed)Radar Madura

0 tor - ator:

Posting Komentar